Render Toyota Kijang Innova Terbaru (Doc. Aditya-ITS - Toyota Indonesia)
Bocoran terbaru datang dari produsen di India, yang dinaungi di bawah nama Toyota Kirloskar Motor.
Toyota Kijang Innova yang di India populer dengan nama "Innova" juga atau "Qualis" ini disebut berubah di banyak bagian.
Perubahan itu untuk model yang disebut punya nama desain "Kijang Essential" tersebut ada pada empat bagian, yakni mesin, sasis, kabin, dan desain. Berikut ini paparannya:
Mesin diesel baru
Sumber di India itu menyebutkan perubahan termasuk pada mesin, dan ditekankan bahwa akan ada mesin diesel baru.
Seperti juga pada deretan varian yang dipasarkan untuk Innova saat ini, sumber itu mengatakan bahwa pilihan "Innova diesel matic" pun akan dipertahankan.
Soal mesin diesel, saat ini Toyota menggunakan mesin berkode "D4D" yang selain di Innova, juga dipasangkan pada Fortuner dan pick-up Hilux.
Mesin diesel D4D sendiri bersistem injeksi rel (commonrail injection). Injeksi bergerak terpisah dengan lainnya, dan diatur melalui unit kontrol elektronik yang secara akurat melakukan keseimbangan terhadap tekanan injeksi bahan bakar, menggunakan High Pressure Piezo Injection.
Dengan tekanan injeksi yang meningkat dan mengalami proses pemecahan cairan bahan bakar menjadi semburan yang lebih halus, maka pencampuran dan pembakaran serta volume bahan bakar lebih baik sehingga pemakaiannya jadi lebih sedikit dibanding mesin diesel pada umumnya. Lebih jauh, mesin diesel Innova Gen VI ini bisa jadi merupakan revisi dari D4D.
Perubahan sasis
Sumber dalam di India tersebut mengatakan bahwa Kijang baru ini akan menggunakan model konstruksi bodi "monocoque" alias bodi langsung menyatu seperti halnya sedan modern atau yang diterapkan pada Toyota Nav1 (Noah).
Hal ini akan menjadikan perubahan mengingat
Kijang hingga generasi Innova atau merupakan generasi ke-5 masih mengandalkan sasis terpisah (ladder frame). Dengan perubahan ini, maka Kijang generasi ke-6 akan lebih rigid dan dengan kenyamanan yang setara Toyota Nav1.
Kabin lebih lapang
Perubahan lainnya adalah kabin yang disebut akan lebih lega dari Innova saat ini.
Sebagai gambaran, Innova yang pada masa sekarang dipasarkan memiliki panjang berbeda-beda di setiap variannya. Misalnya, tipe G matic sedikit lebih besar dari tipe V matic.
Jika tipe G matic 4.600 mm x 1.695 mm x 1.850 mm, tipe V matic punya ukuran 4.600 mm x 1.775 x 1.750 mm.
Andaikata penggunaan sasis berubah, hal itu memang memungkinkan ruang yang lebih lapang di kabin.
Desain
Gambar dari Kijang generasi keenam memang sudah beredar dan menunjukkan perbedaan. Sumber dari India itu sendiri mengatakan bahwa Innova ini akan tampak "mencolok" mungkin karena bentuknya yang berubah cukup signifikan.
Desain Innova yang ada saat ini cukup menajam. Sementara itu, perubahan terakhir ada pada grille "kumis" yang membesar dan dengannya memperbesar ruang udara masuk ke mesin.
Jika melihat gambar yang beredar dan disebut-sebut sebagai model mainan bagi "Kijang Essential", dasar Innova masih bisa dilihat dengan tatanan kaca yang kian mengecil kala mengarah ke belakang.
Namun yang memang mencolok adalah bagian hidungnya. Area itu terasa bongsor dengan lampu yang tajam dan menyipit, bahkan cukup ekstrem karena memanjang nyaris menutupi tepian kap mesin.(kpl/why/abe)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar