SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG

Selasa, 24 Juni 2014

Penyebab Keguguran Pada Kehamilan Pertama



Penyebab Keguguran Pada Kehamilan Pertama
Mungkin Anda akan merasa ngeri jika mendengar kata keguguran. Ya, karena keguguran merupakan suatu hal yang sangat menakutkan bagi seorang wanita yang sedang hamil dan sedang mendambakan buah hati. Dan ternyata satu dari empat wanita hamil mengalami keguguran pada kehamilannya yang pertama. Nah, keguguran ini sebenarnya dapat dihindari dengan berbagai cara mulai dari istirahat yang cukup, selalu berkonsultasi dengan dokter dan lain sebagainya. Lalu kenapa sering kali banyak wanita yang mengalami keguguran? Nah, di bawah ini adalah bebarapa penyebab terjadinya keguguran pada kehamilan pertama. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:
1.    Kondisi Rahim yang Lemah Akibat Alat Kontrasepsi
Penggunaan alat kontrasepsi sendiri sering kali menjadi penyebab keguguran pada kehamilan pertama, seperti pil kontrasepsi yang berguna untuk mencegah kehamilan ternyata sangat berpengaruh terhadap konsisi rahim. Dalam jangka waktu yang lama, maka otot rahim bisa melemah. Dan inilah salah satu yang dapat menjadi penyebab keguguran.
2.    Kehamilan di Luar Rencana
Untuk mendapatkan kehamilan maka diperlukan kesiapan baik itu kesiapan fisik maupaun mental. Dan seringkali kehamilan pertama terjadi di luar rencana. Dimana biasanya pasangan suami istri yang baru menikah masih ingin menikmati dan menghabisakn waktu berdua saja, sehingga berbagai cara pun dilakukan untuk mencegah kehamilan. Contohnya dengan mengikuti program KB, mengkonsumsi obat anti hamil dan masih banyak cara lain yang digunakan. Dan sering kali akan mempengaruhi kondisi dan hormon wanita. Nah, apabila seorang wanita memiliki kandungan hormon tiroid tinggi serta tekanan darah tinggi, maka kehamilan akan sangat beresiko keguguran.
3.    Janin Tidak Dapat Bertahan Hidup
Pada kasus ini yakni keguguran yang disebabkan oleh keadaan yang mana dilakukan untuk menyelematkan nyawa ibu. Jika janin yang tidak bisa berkembang di dalam rahim ibu maka tentu saja sangat mengancam nyawa ibunya jika tetap dipertahankan. Maka dari itu biasanya para medis mengambil tindakan untuk mengambil janin tersebut.
4.    Ibu Hamil Tidak Sadar Bahwa Dirinya Sedang Hamil
Nah, pada kasus ini yakni karena kebanyakan ibu hamil yang baru pertama kalinya tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil. Maka tanpa disadari masih tetap melakukan semua aktivitas yang seharusnya tidak dilakukan selama masa kehamilan terutama pada saat hamil muda. Sebagai akibatnya maka janin memiliki resiko tinggi untuk mengalami keguguran. Terlebih lagi jika ibu hamil muda tersebut sering melakukan aktivitas yang berat.
5.    Kesehatan Ibu Hamil
Seperti kita tahu bahwa kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam rahim selama masa kehamilannya. Jadi apabila ibu hamil memiliki jenis penyakit tertentu yang dapat menjadi penyebab keguguran, maka resiko akan terjadinya keguguran pun sangat tinggi.
Itulah beberapa penyebab terjadinya keguguran pada kehamilan pertama. Maka dari itu sebagai seorang wanita yang telah mendapati tanda bahwa dirinya sedang hamil maka jaga selalu kesehatan dirinya dan juga janinnya sebaik mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar