SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG

Selasa, 24 Juni 2014

Langkah Tepat Cegah dan Atasi PMS



Langkah Tepat Cegah Dan Atasi PMS
Tahukah Anda bahwa Pre Menstruasi Syndrom atau PMS biasa dialami oleh tiga dari empat wanita. PMS Sendiri datang dua pekan menjelang menstruasi, dan tahukah Anda bahwa seorang wanita bisa mengami 150 gejala yang aneh-aneh. Seperti munculnya keluhan seperti mual, kembung, sakit payudara, jerawat, perubahan mood atau bahkan kehilangan nafsu makan. Karena menstruasi terjadi setiap bulan maka pasti akan diawali juga dengan PMS, dan PMS inilah yang sering kali membuat banyak wanita merasa kurang nyaman. Lalu apa sebenarnya penyebab dari PMS?
Dalam bebrapa penelitian yang dilakukan para ahli menyatakan bahwa sebelum menstruasi, wanita akan mengalami perubahan tingkat hormon estrogen dan progesteron. Selain itu pendapat lain juga menyatakan PMS disebabkan karena menurunnya serotonin. Yang mana serotonin sendiri merupakan zat kimia otak yang membuat mood menjadi baik. Jadi dengan kehilangan serotonin maka bisa membuat para wanita menjadi kurang nyaman. Untuk mencegah PMS maka bisa di atasi dan di cegah dengan cara di bawah ini :
1. Konsumsi Banyak Serat
Cara pertama untuk mencegah PMS adalah dengan banyak mengkonsumsi serat yakni sekitar 30 sampai dengan 35 gram, dengan banyak konsumsi serat maka tubuh akan membuat buang air besar menjadi teratur. Maka jika terjadi kelebihan estrogen dalam tubuh maka bisa ikut terbuang bersama feses. Perlu para wanita ingat bahwa kandungan estrogen yang tinggi merupakan penyebab utama PMS. Untuk itu perbanyak makanan yang bisa dikonsumsi seperti beras, sayur dan buah buah. Hindari juga makan daging karena mengandung lemak jenuh yang bisa memperburuk gejala PMS
2. Hindari Konsumsi Gula Berlebih
Perlu Anda ketahui bahwa makanan manis dan karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta dapat menghambat eksresi estrogen dalam tubuh. Dengan konsumsi makanan tersebut bisa mengakibatkan penumpukan ekstrogen. Maka seorang wanita dengan kadar gula yang tinggi akan cenderung memiliki gejala PMS lebih sering daripada mereka yang tidak seperti yang di ungkapkan Michael Murray dalam ensiklopedia of natural medicine
3. Kurangi Kafein
Wanita juga sebaiknya menghindari konsumsi teh atau kopi yang berlebihan. Hal ini dikarenakan mengandung kafein, terlebih lagi jika Anda mengalami gangguan tidur atau nyeri payudara.
4. Konsumsi Kedelai
Kedelai sendiri merupakan salah satu tanaman yang menganduang phytoestrogen yang mana dapat mengikat estrogen sehingga bisa menyeimbangkan kadar estrogen. Untuk itu perbanyak konsumsi tahu dan tempe untuk mengurangi gejala PMS.
5. Kurangi Cemilan Asin
Konsumsi makanan yang mengandung banyak garam bisa membuat perut merasa kembung, hal ini dikarenakan bisa membuat tekanan pada ginjal. Jadi apabila ginjal bekerja dengan berat, maka hal tersebut akan menghambatnya mengeluarkan cairan.
6. Tambah Konsumsi Vitamin B6
Seperti kita ketahui bahwa vitamin B6 baik untuk tubuh, karena vitamin tersebut termasuk diuretik sehingga dapat membantu mengurangi air dalam tubuh melalui air seni. Untuk itu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 antara lain polong-polongan, ikan, biji-bijian, kubis, kembang kol, telur, rumput laut
7. Tambah magnesuium dan Kalsium
Seorang wanita yang sedang mengalami PMS maka memiliki kadar magnesium yang lebih rendah. Sehingga membuatnya lebih rentan mengalami sakit kepala, kelelahan, lekas marah, sakit dan nyeri. Untuk itu konsumsi magnesium yang dapat Anda peroleh dari biji labu, beras, rumput laut, seafood, dan tahu. Sedangkan, kalsium bisa diperoleh dari sarden dan ikan salmon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar