SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG

Selasa, 24 Juni 2014

Kapan Pap Smear Sebaiknya DiLakukan ?



Kapan Pap Smear Sebaiknya Dilakukan
Salah satu jenis kanker yang paling banyak di takuti oleh kaum hawa yakni kanker serviks, ya penyakit yang terjadi pada leher rahim ini telah banyak merenggut banyak nyawa kaum perempuan. Maka dari itu salah satu upaya pencegahan dari penyakit kanker ini yakni dengan melakukan pemeriksaan yang di sebut dengan Pap smear. Tujuannya yakni untuk mendeteksi ada tidaknya gangguan pada leher rahim, bagian yang akan di periksa yakni wilayah kewanitaan meliputi sel-sel dari leher rahim sampai dengan bagian panggul.
Dengan melakukan pap smear maka dapat memberikan fakta medis mengenai keberadaan virus papiloma yang mana menjadi virus penyebab kanker serviks. Dengan deteksi dini ini diharapkan akan mendapatkan penanganan yang tepat jika memang telah adanya gangguan pada leher rahim tersebut. Sehingga penyakit yang di derita pun tidak akan menjadi parah dan membahayakan.
Lalu kapan seorang wanita sebaiknya melakukan papsmear? Para ahli dan dokter sangat meyarankan para wanita untuk melakukan pemeriksaan papsmear apabila seorang wanita telah berusia 21 tahun, wanita yang sudah menikah atau sudah aktif berhubungan seksual. Ya, hanya di anjurkan untuk seorang wanita yang sudah aktif melakukan hubungan intim karena selain pada usia tersebut alat reproduksi wanita sudah berkembang sempurna juga pemeriksaan pap smear sendiri dilakukan dengan prosedur pemeriksaan dengan memasukkan alat pemeriksaan ke rongga vagina.
Namun pemeriksaan ini diperbolehkan dilakukan lebih awal apabila memang ada riwayat kanker serviks dari ibu, setelah menjalani transplansi organ, setelah melakukan kemoterapi atau juga sering bergonta-ganti pasangan saat berhubungan seksual. Ya, hal ini dikarenakan kanker serviks dapat ditularkan melalui hubungan seksual, namun bukan berarti orang-orang yang belum pernah berhubungan seksual tidak akan terkena kanker serviks karena kanker serviks dapat terjadi pada setiap wanita.
Pap smear adalah pemeriksaan yang sebenarnya sangat di anjurkan sebagai langkah awal untuk deteksi sekaligus menjadi salah satu langkah pencegahan dini bagi penyakit kanker serviks sebelum penyakit kanker ini semakin parah. Dan di bawah ini adalah beberapa saran dari para ahli tentang kapan tepatnya seorang wanita harus melakukan tes pap smear. ini selengkapnya :
1. Seorang Wanita yang Telah Menikah
Yang sangat di sarankan yakni wanita yang sudah menikah atau sudah aktif berhubungan seksual, karena pemeriksaan pap smear tidak boleh dilakukan pada seorang gadis yang masih perawan, ya seperti telah di jelaskan di atas bahwa pemeriksaannya dengan menggunakan alat yang harus di masukkan ke rongga vagina.
2. Wanita yang Berusia di Atas 30 Tahun
Berdasarkan penjelasan para Dokter menyatakan bahwa seorang wanita yang telah memasuki usia di atas 30 tahun maka akan lebih beresiko terkena kanker serviks, maka dari itu diperlukan pemeriksaan tes pap smear secara teratur. Pada umunya dokter akan menganjurkan untuk menjalani pemeriksaan pap smear minimal satu tahun satu kali.
Nah, mengingat pentingnya pap smear bagi kaum wanita, diharapkan para wanita semakin memperhatikan dan perduli terhadap kesehatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar