SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG

Kamis, 10 Juli 2014

Fungsi Puasa Bagi Sistem Tubuh


Fungsi Puasa Bagi Sistem Tubuh

Menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan bukan sekedar menahan lapar dan dahaga. Usut diusut, ternyata puasa begitu banyak kegunaannya untuk sistem tubuh kita. Selama tiga puluh hari tubuh Anda dilatih untuk mengendalikan jam makan yang tepat waktu ketika sahur dan berbuka, maka tak heran jika sistem pencernaan akan menjadi lebih sehat.
Manfaat puasa tidak hanya itu saja, Moms. Berikut ulasan seputar manfaat puasa untuk sistem tubuh dikutip dari situs All Women Stalk dan Live Strong.
Mengendalikan nafsu makan/kecanduan makanan
Saat puasa kita diharuskan menahan aneka godaan makanan dan minuman yang menggiurkan. Bagi Anda yang tidak suka ngemil mungkin tidak terlalu sulit, namun bagi mereka yang hobi ngemil atau kecanduan makanan, bisa jadi makanan adiktif seperti gula, susu, gandum dan gluten, makanan olahan, dan makanan cepat saji sangat sulit untuk coba dihindari. Dengan puasa, tubuh Anda diatur untuk menghentikan kebiasaan makan yang berlebihan.
Sistem tubuh beristirahat
Selama berpuasa, sistem tubuh beristirahat untuk sementara waktu dalam mengolah makanan. Kegiatan sistem tubuh akan lebih banyak dipakai untuk menyembuhkan atau perbaikan sel karena kerja pencernaan terhenti sementara.
Mengobati berbagai penyakit
The Intermountain Medical Center Heart Institute di Salt Lake City merilis penelitian pada tahun 2011 menunjukkan bahwa puasa dapat membantu penurunan risiko penyakit jantung, bersama dengan menurunkan trigliserida darah dan kadar gula. Puasa juga berhubungan dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh dan menambah kecepatan sistem untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak, mengurangi peradangan dan menurunkan risiko diabetes, maupun penyakit kronis atau berkaitan dengan gaya hidup lainnya.
Tuh kan, Moms... ada begitu banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dengan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.
Mudah-mudahan puasa Anda selalu lancar hingga magrib nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar